Ilustrasi Kelancaran Arus Logistik Selama Libur Lebaran 2023/Dok: Pelindo
ENERGITRANSFORMASI, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 2 menjamin kegiatan operasional yang ada di wilayahnya akan tetap berjalan normal di masa libur lebaran Idul Fitri pada tanggal 19-25 April 2023.
Setelah terbitnya Surat keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tentang hari libur Nasional dan cuti bersama, Pelindo Regional 2 sebagai mata rantai logistik yang terdiri 12 pelabuhan yang ada diwilayahnya akan tetap beroperasi dengan memberikan pelayanan dan memastikan arus keluar masuk barang di pelabuhan berjalan dengan lancar.
Regional Head 2 PT Pelindo, Drajat Sulistyo, menyampaikan bahwa 12 pelabuhan yang tersebar di wilayah pulau Jawa, Sumatera dan Kalimantan akan tetap beroperasi di masa libur lebaran dengan melayani kebutuhan pengguna jasa selama 24 jam 7 hari secara nonstop.
“Pelayanan yang dimaksud mulai dari pelayanan kapal, bongkar muat barang, penumpukan barang, penyediaan air bersih untuk kapal dan layanan pendukung lainnya,” ujarnya dalam keterangannya, Jumat (7/4).
Drajat menambahkan, pengguna jasa tidak perlu khawatir akan libur bersama yang telah ditetapkan oleh pemerintah, kegiatan operasional tetap berjalan di masa libur lebaran, karena Pelindo Regional 2 telah menerapkan sistem serta penggunaan aplikasi perangkat digital, baik di sisi laut maupun di sisi darat yang mencakup terminal pelabuhan, pergudangan serta area pendukung lainnya.
“Penggunaan perangkat digital dari sisi laut, Pelindo Regional 2 memanfaatkan teknologi Inaportnet serta aplikasi digital lain seperti VMS atau Phinnisi, MOS, SIMOP untuk aktivitas labuh, kapal pandu, kapal tunda, kepil dan tambat,” terangnya.
Sementara itu, perangkat digital dari sisi darat tersedia aplikasi TOS Petikemas dan TOS Non Petikemas, untuk kegiatan bongkar muat serta pemindahan barang, sedangkan di beberapa area pendukung lainnya, sudah memanfaatkan aplikasi Behandle Operating System, Warehouse Operating System, serta Autogate System.
Untuk eksternal, Drajat menyampaikan, khususnya pengguna jasa, sejak beberapa tahun lalu Pelindo Regional 2 sudah memperkenalkan platform e-Service yang memudahkan pelayanan secara online.
“E-service tersebut di antaranya layanan registrasi, e-booking, e-billing, e-tracking, e-payment, dan pengaduan pelanggan (e-care),” katanya.
“Melalui perangkat digital yang sudah terintegrasi dengan aktivitas operasional saat ini, harapannya distribusi logistik pada libur lebaran di wilayah Pelindo Regional 2 dapat berjalan dengan baik dan lancer,” pungkas Drajat.