ENERGITRANSFORMASI – Tellscore,
platform pencarian influencer terkemuka di Asia Tenggara yang terkenal dengan
kualitas influencer, sekaligus pendekatan berbasis kualitas untuk pemasaran
influencer yang dimilikinya, meluncurkan fitur "Tellscore Self Serve"
melalui teknologi SaaS (Software as a
Service) bagi pasar Indonesia. Melalui Tellscore Self Serve, brand dan agensi dapat memilih
influencer serta mengelola kampanye mereka secara menyeluruh. Selain itu, fitur
tersebut juga dilengkapi dengan layanan
konsultasi gratis.
Seiring banyaknya influencer dengan ragam
bidang keahlian yang dapat dipilih, membuat brand paling berpengalaman
sekalipun akan mengalami kesulitan dalam memanfaatkan ruang yang terus
berkembang dan semakin kompetitif ini. Untuk itu, dibutuhkan teknologi yang
dapat membantu memaksimalkan upaya mereka, mengisi kesenjangan pengetahuan,
sumber daya manusia, dan mencapai hasil luar biasa bagi kampanye mereka. Hal
inilah yang mendorong Tellscore untuk terus berinovasi melalui ragam fitur yang
dapat membantu brand secara efektif dalam mempromosikan produk, layanan, serta
menjalankan kampanyenya.
Kehadiran Tellscore Self Serve
dimaksudkan untuk menjawab kebutuhan pasar sekaligus menarik minat klien yang
memiliki kampanye influencer sederhana atau brand
dan agensi dengan budget terbatas mulai dari Rp 10-20 juta per bulan. Produk
baru yang diharapkan dapat menghasilkan
pendapatan hingga 30% ini, merupakan tambahan dari layanan "Tellscore
Serve" yaitu solusi layanan terintegrasi yang dilengkapi dengan tim
layanan klien untuk membantu mereka dalam menangani kampanye sehingga mampu
meraih tujuan yang lebih besar, dan lebih banyak lagi penyelenggaraan kampanye
influencer jangka panjang.
Co-Founder dan CEO Tellscore, Suvita
Charanwong mengatakan, “Kami senang dapat meluncurkan fitur baru kami yaitu
Tellscore Self Serve di pasar Indonesia karena kami melihat besarnya potensi
terhadap lanskap influencer marketing di Indonesia. Melalui fitur baru ini,
kami ingin membantu brand dan agensi
dalam memilih influencer terbaik untuk kampanye mereka secara efektif dan
efisien”.
COVID-19 telah mengubah cara bisnis dalam berinteraksi dengan pelanggan mereka. Begitu pula halnya dengan kehidupan sehari-hari yang telah mengalami perubahan selama pandemi, brand harus menyesuaikan strategi penjualan dan beradaptasi dengan pembatasan global dalam rencana pemasaran mereka.
Sementara perusahaan kecil
dan menengah di Asia Tenggara cenderung mengadopsi transformasi digital untuk
dapat bersaing di pasar yang lebih terbuka setelah pandemi. Di sisi lain,
perusahaan besar mengeluarkan lebih banyak anggaran untuk kegiatan influencer
marketing seraya memperluas pemanfaatannya di luar makro-influencer dalam
mengadopsi komunikasi yang lebih personal dan akurat.
Selaras dengan hal tersebut, Suvita juga menambahkan bahwa Tellscore tidak hanya berfokus pada mikro influencer di mana algoritma sosial media tidak hanya memungkinkan jangkauan yang lebih organik tetapi juga dapat melibatkan serta bekerja sama dengan makro influencer di hampir setiap kampanye klien.
Adapun yang menjadi keunikan
Tellscore yakni terletak pada alur kerja yang
sepenuhnya otomatis dari pencarian influencer, perekrutan hingga manajemen
kampanye, analisis kinerja hingga proses pembayaran influencer sehingga klien dapat lebih fokus pada kinerja dan hasil, sementara
influencer dapat fokus pada pembuatan konten dan kreativitas.
Seiring dengan keberadaannya di industri influencer marketing, Tellscore telah menorehkan prestasi baru pada tahun 2021, yakni menutup putaran investasi seri A pada bulan Desember 2021 dengan Siam Alpha Equity, VC terkemuka yang berbasis di Thailand. Tellscore juga berhasil mendapatkan pengakuan dan penghargaan dari beberapa ajang terkemuka antara lain ASEAN ICT Awards dan Asean Rice Bowl Startup Awards.
Selain itu, Tellscore juga disebut sebagai Top 10 perusahaan MarTech di kawasan APAC
oleh MarTech Outlook. Pencapaian ini akan memperkuat komitmen Tellscore untuk
menghadirkan Performance Marketing melalui platform startup MarTech.
Secara total, saat ini, terdapat
20.000 influencer mikro dan makro di Indonesia yang telah bergabung bersama Tellscore. Selain itu,
Tellscore juga telah berkontribusi dalam mendukung kampanye pemasaran dari beberapa brand ternama di Indonesia antara lain CIMB Niaga, MakeOver,
Universitas Trisakti, dan masih banyak lagi.
Suvita berharap Tellscore
dapat menjadi salah satu solusi terbaik bagi brand dan agensi dalam menjalankan kampanye influencer marketing
dengan memanfaatkan teknologi terkini yang dapat mempermudah proses sekaligus
meningkatkan efisiensi bisnis. Melalui
kehadiran Tellscore Serve dan Tellscore Self Serve diharapkan dapat membantu lebih
banyak brand dan agensi untuk
mencapai tujuannya dan menemukan influencer yang tepat.